03 Februari 2009

Bisnis Ayam Goreng Presto

Teman-teman, peluang usaha ayam goreng presto sangatlah menjanjikan. Peluang usaha ayam goreng presto bisa dikerjakan dirumah, tanpa harus sewa tempat. Sebagaimana diketahui bahwa jenis masakan ayam diantaranya ada yang dibakar ada yang digoreng.Jadi peluang usaha ini layak untuk dijadikan jenis usaha.

Ayam goreng presto proses membuatnya secara garis besar adalah ayam dipresto dengan panci presto. Setelah daging dan tulang lunak, baru kemudian digoreng. Hasilnya, ayam goreng ini memiliki daging dan tulang yang lebih empuk dibanding ayam goreng biasa. Rasanya wouw....saya yakin teman-teman sudah pernah berkali-kali merasakan masakan ayam.

Bisnis ayam goreng presto sangatlah bagus. Karena banyak orang menyukai masakan yang bahan utamanya ayam. Apalagi ini ditambah dengan dipresto dulu. Yang jelas daging dan tulangnya empuk....puk...puk.

Pemasaran
Ada beberapa cara untuk memasarkan ayam goreng presto ini. Yang pertama, jika bisnis ini dijalankan dari rumah. Cara berpromosinya adalah dengan menyebarkan brosur, informasi dari mulut ke mulut, kerjasama dengan usaha katering, melayani paket makanan kardusan untuk acara-acara rapat (jadi ditambah nasi) atau bisa juga dengan langsung mendatangi kantor-kantor untuk menawarkan ayam goreng presto ini.

Yang kedua, jika dipasarkan di warung atau toko dipinggir jalan. Cara pemasarannya tentunya berkaitan dengan letak warung (rumah makan) harus strategis, memasang spanduk di depan warung (rumah makan) dan ditempat-tempat strategis lainnya, dan melayani pesanan langsung jadi di warung tersebut, ini biasanya untuk orang-orang yang sibuk yang ingin membawa oleh-oleh buat keluarga atau relasinya.

Modal dan perlengkapan usaha
Untuk bisnis skala rumah tangga, modal dan perlengkapannya adalah sebagai berikut :
1. Panci presto, kapasitas 3 – 5 kg, harga Rp 200.000
2. Kompor gas, harga Rp 300.000
3. Tabung gas, harga Rp 300.000
4. Baskom + wajan + pisau, harga Rp 300.000

Bahan dan cara pembuatan ayam goreng presto

Bahannya antara lain :
  1. Ayam kampung 1 ekor
  2. Dua sendok makan air jeruk nipis
  3. Satu batang serai yang sudah dimemarkan
  4. Dua lembar daun salam
  5. Lengkuas 1 cm
  6. Jahe 1 cm
  7. Santan 800 ml

Yang perlu diperhatikan, untuk menghasilkan ayam goreng presto yang berkualitas. Yaitu selalu menggunakan ayam yang berkualitas. Ayam harus masih dalam keadaan segar (ayam baru saja dipotong). Kemudian, harus selalu diperhatikan kebersihan dalam setiap tahap pengolahan.

Bumbu ayam goreng presto :
  1. Ketumbar sangrai, 1 sendok teh
  2. Bawang putih 6 siung
  3. Bawang merah 4 buah
  4. Kemiri sangrai 3 butir
  5. Kunyit bakar 2 cm
  6. Garam, 1 sendok makan
  7. Gula pasir, ½ sendok teh

Cara membuatnya :
  1. Ayam dipotong menjadi beberapa bagian, kemudian seluruh bagian ayam dilumuri dengan air jeruk nipis. Diamkan selama sekitar 20 menit dalam lemari pendingin. Kamudian angkat dan tiriskan.
  2. Campurkan bumbu yang telah dihaluskan ke dalam santan dan diaduk rata. Setelah itu, rendam ayam dalam campuran santan dan bumbu selama 1 jam.
  3. Masukkan ayam ke dalam panci presto. Rebus selama 2 jam hingga daging dan tulangnya empuk.
  4. Angkat, kemudian tiriskan. Setelah itu ayam digoreng hingga matang

Pengemasan
Ayam goreng presto dapat dikemas menggunakan kertas pembungkus nasi warna coklat. Teman-teman tahukan...itu yang biasa untuk membungkus nasi di warung-warung. Atau bisa dengan kotak kardus putih. Sebelum ayam dimasukkan sebaiknya dialasi dulu dengan kertas pembungkus nasi tadi. Kemasan yang lain adalah dengan menggunakan kotak styrofoam, dan jangan lupa sebelum ayam dimasukkan, dialasi dulu dengan kertas pembungkus nasi tadi.

Nah, teman-teman selamat mencoba. Atau mungkin ada yang punya trik jitu berkaitan dengan bisnis ini....? Kalo ada, bagi-bagi ilmu dong....
Baca juga artikel menarik berikut :

4 Comments:

Perkenalkan said...

Silahkan yang mau kasih komentar....anggap di rumah sendiri...he..he...

Unknown said...

Tq infonya, sangat bermanfaat

Anonim said...

mantap

bisnis indonesia said...

peluang usaha yang menjanjikan

Posting Komentar

Silahkan masukkan komentar anda di sini :

blogger templates | Make Money Online